Friday, 6 January 2017

MAKALAH MANAJEMEN WAKTU

 BAB II PEMBAHASAN



1)      DEFINISI WAKTU.
Waktu adalah besaran yang menunjukkan lamanya suatu peristiwa berlangsung. Sering dalam kehidupan sehari – hari waktu dibedakan dengan kronos ( kejadian peristiwa yang aka nada tiap saat ) dan kairos ( kesempatan tidak akan terulang ).

2)      PENGERTIAN MANAJEMEN WAKTU.
Manajemen waktu merupakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan produktivitas waktu. Waktu menjadi salah satu sumber daya unjuk kerja. Sumber daya yang mesti dikelola secara efektif dan efisien. Efektifitas terlihat dari tercapainya tujuan menggunakan waktu yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan efisien tidak lain mengandung dua makna,yaitu: makna pengurangan waktu yang ditentukan, dan makna investasi waktu menggunakan waktu yang ada. Manajemen waktu bertujuan kepada produktifitas yang berarti rasio output dengan input. Tampak dan dirasakan seperti membuang-buang waktu dengan mengikuti fungsi manajemen dalam mengelola waktu. Merencanakan terlebih dahulu penggunaan waktu bukanlah suatu pemborosan melainkan memberikan pedoman dan arah bahkan pengawasan terhadap waktu.

3)      APLIKASI MANAJEMEN WAKTU BAGI MAHASISWA.
Membedakan Urgen Dan Importen
Menurut Steven Covey yang ditulis didalam bukunya yang berjudul First Things First dapat menjadi bahan acuan untuk membedakan antara Urgent Vs Important. Urgent merupakan area / domain waktu sedangkan important merupakan area target. Masih menurut Steven, ada 4 domain yang seringkali dapat membuat bingung antara urgent dan important, yaitu
1)   Ada tugas yang urgent dan important
Misal penyelesaian tugas akhir atau skripsi menjelang batas akhir, projek yang sudah mendekati deadline dan lain-lain.
2)   Ada tugas yang urgent tetapi tidak important Misal panggilan telpon atau sms, perbaiki atap bocor di musim hujan, dan lain-lain.
3)   Ada tugas yang tidak urgent tetapi important Misal perhatian kepada anak/keluarga, perencanaan projek, perencanaan keuangan keluarga, dan lain-lain.
4)   Ada tugas yang tidak urgent dan tidak important Misal menonton infotainment, bermain game, chatting/telepon yang tidak perlu, dan lain-lain.
Prioritas dan Bukan Hal prioritas adalah jika tidak dilakukan akan berdampak tidak baik bagi diri sendiri. Selain itu ada hal yang perlu kita ketahui untuk mengakomodir semua kebutuhan kita dalam perencanaan perlu kita mengetahu hal proiritas dan tidak. Yang di maksud dengan hal prioritas adalah sesuatu yang kalau tidak dilakukan akan memberikan dampak buruk bagi kita, sehingga hal ini adalah mendesak yang tidak bias ditunda. Sehingga dalam proses manajemen waktu perlu dilakukan identifikasi kebutuhan bagi mahasiswa untuk dimasukan dalam perencanaan sesuai dengan ukuran prioritas dan tidak seperti dalam. Beberapa kebutuahan mahasiswa dalam hal ini dapat dikelompokan menjadi 4 bagian besar :
1)        Kebutuhan Belajar ( peningkatan kecerdasan intelektual)
2)        Kebutuhan Kecerdasan Spiritual
3)        Kebutuhan Pengembangan Diri
4)        Pengabdian Masyarakat






















DAFTAR PUSTAKA
George R Terry, Prinsip-prinsip Manajemen. Bumi Aksara, Jakarta. 2006.
Robbin dan Coulter, Manajemen (edisi kedelapan). PT Indeks: Jakarta. 2007.
Robbins, Stephen dan Mary coulter. 2007. Management, 8th Edition. NJ: Prentice Hall.
Hasibuan, Malayu, Manajemen= Dasar, Pengertian dan Masalah, (PT Bumi Aksara: Jakarta), 2005
Trisnawati Sule, Ernie, Pengantar Manajemen, (KEncana: Jakarta), hal. 8



EmoticonEmoticon

Disqus Shortname

Comments system