BAB II PEMBAHASAN
1)
DEFINISI
WAKTU.
Waktu adalah besaran yang
menunjukkan lamanya suatu peristiwa berlangsung. Sering dalam kehidupan sehari
– hari waktu dibedakan dengan kronos ( kejadian peristiwa yang aka nada tiap
saat ) dan kairos ( kesempatan tidak akan terulang ).
2)
PENGERTIAN
MANAJEMEN WAKTU.
Manajemen waktu merupakan
perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan produktivitas waktu.
Waktu menjadi salah satu sumber daya unjuk kerja. Sumber daya yang mesti
dikelola secara efektif dan efisien. Efektifitas terlihat dari tercapainya
tujuan menggunakan waktu yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan efisien tidak
lain mengandung dua makna,yaitu: makna pengurangan waktu yang ditentukan, dan
makna investasi waktu menggunakan waktu yang ada. Manajemen waktu bertujuan
kepada produktifitas yang berarti rasio output dengan input. Tampak dan
dirasakan seperti membuang-buang waktu dengan mengikuti fungsi manajemen dalam
mengelola waktu. Merencanakan terlebih dahulu penggunaan waktu bukanlah suatu
pemborosan melainkan memberikan pedoman dan arah bahkan pengawasan terhadap
waktu.
3)
APLIKASI
MANAJEMEN WAKTU BAGI MAHASISWA.
Membedakan Urgen Dan Importen
Menurut Steven Covey yang ditulis
didalam bukunya yang berjudul First Things First dapat menjadi bahan acuan untuk
membedakan antara Urgent Vs Important. Urgent merupakan area / domain waktu
sedangkan important merupakan area target. Masih menurut Steven, ada 4
domain yang seringkali dapat membuat bingung antara urgent dan important, yaitu
1) Ada tugas yang
urgent dan important
Misal penyelesaian tugas akhir atau
skripsi menjelang batas akhir, projek yang sudah mendekati deadline dan
lain-lain.
2) Ada tugas yang
urgent tetapi tidak important Misal panggilan telpon atau sms, perbaiki atap
bocor di musim hujan, dan lain-lain.
3) Ada tugas yang
tidak urgent tetapi important Misal perhatian kepada anak/keluarga, perencanaan
projek, perencanaan keuangan keluarga, dan lain-lain.
4) Ada tugas yang
tidak urgent dan tidak important Misal menonton infotainment, bermain game,
chatting/telepon yang tidak perlu, dan lain-lain.
Prioritas dan Bukan Hal prioritas
adalah jika tidak dilakukan akan berdampak tidak baik bagi diri sendiri. Selain
itu ada hal yang perlu kita ketahui untuk mengakomodir semua kebutuhan kita dalam
perencanaan perlu kita mengetahu hal proiritas dan tidak. Yang di maksud dengan
hal prioritas adalah sesuatu yang kalau tidak dilakukan akan memberikan dampak
buruk bagi kita, sehingga hal ini adalah mendesak yang tidak bias ditunda.
Sehingga dalam proses manajemen waktu perlu dilakukan identifikasi kebutuhan
bagi mahasiswa untuk dimasukan dalam perencanaan sesuai dengan ukuran prioritas
dan tidak seperti dalam. Beberapa kebutuahan mahasiswa dalam hal ini dapat
dikelompokan menjadi 4 bagian besar :
1) Kebutuhan
Belajar ( peningkatan kecerdasan intelektual)
2) Kebutuhan
Kecerdasan Spiritual
3) Kebutuhan
Pengembangan Diri
4) Pengabdian
Masyarakat
DAFTAR PUSTAKA
George R Terry, Prinsip-prinsip
Manajemen. Bumi Aksara, Jakarta. 2006.
Robbin dan Coulter, Manajemen
(edisi kedelapan). PT Indeks:
Jakarta. 2007.
Robbins, Stephen dan
Mary coulter. 2007. Management, 8th Edition. NJ: Prentice Hall.
Hasibuan, Malayu,
Manajemen= Dasar, Pengertian dan Masalah, (PT Bumi Aksara: Jakarta), 2005
Trisnawati Sule, Ernie,
Pengantar Manajemen, (KEncana: Jakarta), hal. 8
EmoticonEmoticon